Wednesday, August 1, 2012

Tips Bertarung Untuk Sebuah Nilai

Tips Bertarung Untuk Sebuah Nilai - Dunia bisnis adalah sebuah dunia yang dinilai oleh angka-angka. Keberhasilan kita dalam sebuah bisnis secara basic ditentukan oleh angka-angka yang kita hasilkan. Dicatat dalan sebuah sistem akuntansi dan berujung pada sebuah laporan keuangan yang mencantumkan hanya sederet angka : Profit / Loss. Segala bentuk teori dan teknik penjualan yang kita terapkan dalam bisnis kita akhirnya hanya bernilai pada dua kata ini yatiu profit / loss. Dan nilai kita sebagai seorang salesman / bisnisman di hadapan seluruh dunia yang menonton kita adalah hasil, hasil, dan hasil. Dalam peraturan bisnis yang paling dasar ini kita harus tunduk, jika menang kita boleh berbangga, dan jika kalah maka mengakulah kalah dan berjuang lagi. Permainan dasarnya harus kita kuasai dan fokus di sana, tidak boleh tidak.

Tetapi dunia bisnis akan menjadi sebuah arena yang sangat kering, kelihatan ada kehidupan, kelihatan ada pergerakan, tapi sebenarnya adalah mati jika kita tidak mengisinya dengan sebuah nilai kehidupan. Dunia bisnis haruslah dipandang sebagai bagian dari kehidupan, bukan alat kehidupan, bukan bagian terpisah. Dan hal itu hanya bisa diwujudkan jika ada nilai atau kultur yang kita sematkan di dalamnya.


Sebagai seorang salesman kita tidak bisa hanya berlaku seperti boneka bisnis yang bermain dalam sebuah sistem, jika kita ingin tetap menjadi manusia, bisnis haruslah menjadi sebuah arena untuk memperjuangkan sebuah nilai yang menjadi DNA kita. Hanya dengan cara itulah kita tetap bisa "hidup" dalam sebuah sistem yang aslinya cenderung mematikan hakekat kehidupan itu sendiri.

Sudhamek, Bos Garuda Food dalam sebuah wawancara di kompas.com mengatakan hal sebagai berikut : Namun, saya akan lebih tertarik kalau kita melihat bisnis itu tidak semata size-nya atau keuntungannya, tetapi apa makna dari sebuah bisnis. Apa manfaat yang ia berikan kepada publik. Aspek lain, jauh lebih bermakna kalau kita melihat proses dari sebuah bisnis yang selalu diwarnai dengan kultur dan etika. Budaya dan etika bisnis itulah yang kini dibutuhkan mumpung Indonesia diberi banyak karunia. Lalu, kalau kita berbicara tentang kelestarian bisnis, iya, kita mesti bicara tentang kultur.



Selama hampir 10 tahun ini, saya selalu menekankan aspek kultur bisnis sebab saya melihat ini sesuatu yang penting. Sebagian di antara pebisnis terkesan mengabaikannya. Kalaupun ada perhatian, hanya di urutan ke sekian. Padahal, pemilik perusahaan selalu memberi warna sangat dominan dalam jalannya roda bisnis. Kalau perusahaan itu ”diisi” dengan kultur yang baik, pada ujungnya akan menghasilkan sebuah perusahaan yang memesona, fantastik.

Sudhamek benar, hanya dengan kultur inilah orang-orang di dalam sebuah perusahaan tidak kehilangan kemanusiaannya, tidak kehilangan dirinya, dan tidak kehilangan kehidupannya. Dan ketika manusia tetap menjadi manusia kendati Ia sedang berada didalam sebuah mesin bisnis atau mesin sistem, maka perusahaan tersebut juga akan "hidup" dalam dinamika manusia, bukan dinamika mesin.

Dalam rangka mempraktekkan hal ini, kalau Anda mengunjungi toko online saya yatoko.com Ucanbuy maka di sana terdapat sederetan tulisan kecil yang menjadi kultur dari usaha saya :

yatoko.com Ucanbuy FOR THOSE WHO MINDED PROGRESSIVE, FOR A FEW GOOD MEN and WOMEN who believe that a Constant little improvement can make a big difference in Their Life

We call it KAIZEN CANI SPIRIT

Perubahan yang konstant, adalah semangat dasar dari produk-produk yang saya jual di website tersebut. Dan juga menjadi semangat dasar dari gaya manajemen yang coba saya terapkan di dalam usaha ini.

Kaizen adalah sistem manajemen Jepang yang diadopsi dari Prof Deming yang artinya perbaikan terus menerus, sedangkan CANI adalah singkatan dari Continuous and Never Ending Improvement yang dipopulerkan oleh Anthony Robins.

Saya berusaha terus memperbaiki diri, dan dengan semangat ini saya mendorong para kastemer saya sebagai sebuah cara untuk memperlakukan mobil atau motornya. Yaitu pengembangan terus menerus.

Semua orang yang membeli di situs saya, saya harapkan adalah semua orang yang akhirnya menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan yang terus menerus adalah sebuah gaya hidup, baik dalam variasi mobil atau kehidupan nyata.

Ketika saya menjadikan hal ini sebagai nilai saya, maka saya menemukan sebuah kegairahan baru setiap harinya. Dunia ini berada dalam sebuah sistem yang menganut hukum entropi, semuanya mengarah kepada keusangan atau kerusakan, tetapi Kaizen Cani Spirit memberikan saya otot yang terlatih, karena semangat ini berusaha membuat semuanya menjadii lebih baik dari hari ke hari.Saya berdoa supaya suatu hari nanti saya akan melihat hasilnya.

Anda ingin hidup dan lebih hidup dalam bisnis Anda ?, tentukan sebuah nilai, dan perjuangkan itu. Maka tidak hanya profit yang Anda dapatkan, tetapi juga kehidupan itu sendiri.

Salam, Sale Is My Right


Related Articles



0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More